7 Lagu Indo Ampuh Sembuhkan Hati Biar Kamu #MerdekaDariMantan

Penulis: Arai Amelya

Diperbarui: Diterbitkan:

7 Lagu Indo Ampuh Sembuhkan Hati Biar Kamu #MerdekaDariMantan
Ilustrasi move on © choosemoveon.com

Kapanlagi.com - Mencintai seseorang adalah hal yang indah dan menyenangkan. Namun kebahagiaan itu bisa berubah jadi duka kala cinta berakhir dan kamu merasakan patah hati. Siapakah manusia di dunia ini yang ingin merasakan patah hati? Jawabannya adalah tak ada. Karena patah hati akan membuatmu galau dan enggan melakukan apa-apa selain berkubang dalam kepedihan tiada berujung.

Hanya saja yang namanya kehidupan akan menggiring manusia merasakan kerasnya patah hati. Kamu akan merasakan hatimu remuk kala hubungan asmara dengan sosok terkasih berakhir. Termasuk orang yang merasakan patah hati saat ini? Tenanglah. Karena ada banyak hal indah di dunia ini yang menantimu. Banyak hal bahagia yang akan kamu temukan sebagai seseorang yang merdeka.

Yap, melepaskan mantan kekasih dengan ikhlas memang tidaklah semudah yang diucapkan. Namun tujuh lagu berikut ini, bisa membantumu untuk cepat move on. Dengarkan dan rasakan, move on ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Jadi, sambutlah bulan Agustus ini dengan hatimu yang lebih merdeka. Siap untuk #MerdekaDariMantan?

 

1. Sheila On 7 - Selamat Datang

Satu hal yang bisa membuat kamu #MerdekaDariMantan adalah mengikhlaskan dia. Merelakan dengan hati yang lapang dan mendoakan agar mantanmu bisa bahagia. Ada kalimat klise bahwa arti kebahagiaan sejati adalah ketika kamu melihat orang yang kamu sayangi bahagia. Benar memang, dan ketika kamu sudah bisa melakukannya, kamu akan merasa hatimu bebas dan lebih ringan. Doa baik yang kamu berikan untuk sang mantan, akan kembali baik pula padamu.

Seperti apa yang dinyanyikan Sheila On 7 lewat lagu Selamat Datang ini:

Ini lagumu yang ku tuliskan, untuk temani di manapun kau
Tetap semangat jadi dewasa, seperti yang kamu impikan
Jangan mengeluh, jadilah tangguh, seperti yang kamu impikan
Ooh di manapun kau berada ooh bahagialah
Oooh di manapun kau berada ooh selamat datang

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Tulus - Manusia Kuat

Merasa hidupmu hancur saat patah hati? Okelah. Apalagi jika jalinan asmara yang kalian bangun itu sudah bertahun-tahun lamanya. Putus cinta pasti akan membuatmu begitu sedih tak tetahankan. Namun percayalah, kamu adalah manusia yang kuat. Kamu harus memberikan keyakinan pada dirimu sendiri kalau patah hati tidak akan bisa menghancurkanmu. Kamu harus berani menantang dunia kembali. Hingga nanti akan tiba saatnya kamu begitu bangga melihat jalan terjal yang sudah berhasil kamu lewati. Semangat ya!

Seperti kata Tulus di lagu Manusia Kuat ini:

Kau bisa patahkan kakiku tapi tidak mimpi-mimpiku
Kau bisa lumpuhkan tanganku tapi tidak mimpi-mimpiku
Kau bisa merebut senyumku tapi sungguh tak akan lama
Kau bisa merobek hatiku tapi aku tahu obatnya

Manusia-manusia kuat itu kita jiwa-jiwa yang kuat itu kita
Manusia-manusia kuat itu kita jiwa-jiwa yang kuat itu kita

 

3. Raisa - Melangkah

Ketika hubungan asmara tengah berjalan, kamu dan pasangan tentu sudah membayangkan hal-hal yang indah. Misalnya nih, kalian sudah merencanakan bagaimana nanti proses lamaran, pernikahan hingga jumlah anak yang kamu mau. Namun semua impian indah itu berubah jadi bencana kala kisah asmara berakhir. Patah hati? Tentu saja, karena kamu adalah manusia. Hanya saja, ingat-ingatlah kamu tidak sendiri. Ada orang-orang yang akan menemanimu dan bahkan matahari akan tetap memberimu kehangatan.

Seperti kata Raisa di lagu Melangkah ini:

Dahulu ku bermimpi kisah cinta abadi bersamamu
Ternyata semua berakhir tak seperti yang ku harapkan
Baru ku mengerti ku sadari
Oh ku tak sendiri pancaran sinar mentari menemani tiada henti
Oh dan tak ku sesali tlah ku lupakan dirimu
Tak mengapa, aku melangkah sendiri dapat ku jalani

 

4. Andien - Moving On

Pernah dengar pepatah 'habis gelap terbitlah terang'? Yap. Hal itulah yang akan kamu rasakan saat kamu sudah berhasil melewati fase putus cinta-patah hati-galau-move on. Akan ada masa di mana kamu begitu bersedih dan dunia serasa hancur. Namun tenanglah, itu semua bukan hal yang abadi. Banyak hal indah yang bisa kamu lakukan dalam kesendirian. Kamu tak akan dibatas-batasi dan bisa bebas berteman dengan siapa saja. Percayalah, akan ada kehangatan baru yang akan mewarnai hatimu nanti.

Seperti kata Andien di lagu Moving On ini

Mungkin pernah ku menangis mungkin diriku pernah tersakiti
Namun diriku kini kembali Coba nikmati indahnya dunia
Tiada lagi bayangan dirimu yang selalu mencoba menahanku
Bersama mentari ku bernyanyi mewarnai hari-hari
Bersama pelangi ku menari menyambut bebasnya hati ini
Tiada lagi yang mampu menghalangi
Aku takkan berhenti melangkah 'cause i’m moving on

 

5. The Rain ft Endank Soekamti - Terlatih Patah Hati

Satu hal yang akan kamu ingat ketika kamu sudah move on dari kenangan sang mantan adalah kekonyolan yang kamu lakukan ketika patah hati. Yap, semua orang pasti akan begitu mengenaskan kala patah hati. Menangis berhari-hari dan selalu galau mengenang mantan kekasih. Namun percayalah, Tuhan meremukkan hatimu untuk menggantinya dengan yang lebih baik. Hingga nanti kamu akan sadar dan lebih menerima karena sudah begitu terlatih patah hati. Jadi ucapkanlah terima kasih pada mantan-mantanmu.

Sesuai dengan lagu The Rain ft Endank Soekamti yakni Terlatih Patah Hati ini

Aku sudah mulai lupa saat pertama rasakan lara
Oleh harapan yang pupus hingga hati cedera serius
Terima kasih kalian barisan para mantan
Dan semua yang pergi tanpa sempat aku miliki
Tak satupun yang aku sesali hanya membuatku semakin terlatih
Begini rasanya terlatih patah hati
Hadapi getirnya terlatih disakiti
Penuh luka itu pasti tapi aku tetap bernyanyi

 

6. Shaden - Dunia Belum Berakhir

Diputuskan oleh kekasih? Jangan sedih, jangan nangis, jangan terpuruk. Karena meskipun jalinan kisah asmara kalian yang indah itu berakhir, dunia tidak berakhir kan? Percayalah, Tuhan sudah menciptakan setiap manusia di dunia ini berpasang-pasangan. Saat kamu lahir, jodoh kamu sudah dituliskan. Dan ketika kekasihmu pergi, tunggulah saja dengan memperbaiki diri hingga sosok pasangan hidupmu itu tiba. Jadi, kenapa harus menangis untuk sang mantan?

Dan rasa optimisme itu sesuai banget dengan lagu Shaden yang berjudul Dunia Belum Berakhir ini

Dunia belum berakhir bila kau putuskan aku
Masih banyak teman-temanku di sini menemaniku
Dunia belum berakhir bila kau putuskan aku
Wajahku juga nggak jelek-jelek amat ada yang mau

 

7. Maliq and D Essentials - Dunia Sekitar

Satu kalimat yang sering diucapkan orang putus cinta adalah 'Kamu tidak merasakannya sih, sakit hati tau! Rasanya nggak berniat ngapa-ngapain dan kayak hidup sudah berakhir'. Kalau kamu termasuk yang merasa hidupmu tak adil juga ketika patah hati, maka ada baiknya kamu berjalan-jalan ke luar rumah. Di luar rumah sana, kamu akan melihat berbagai manusia dengan berbagai masalah mereka yang masih bisa tersenyum. Kamu akan sadar kalau patah hati tidak ada apa-apanya dengan masalah orang lain. Jadi, jangan lama-lama sedihnya karena move on sudah menantimu.

Hal itulah yang diungkapkan Maliq and D Essentials lewat lagu Dunia Sekitar ini:

Pernahkah kau berfikir hidupmu tidak adil
Karna engkau merasa kecewa karna hal yang kecil
Kau anggap besar seakan hidup ini berakhir
Tidakkah kau merasa harusnya kau berfikir masalahmu yang kecil
Tidak sebanding dengan apa yang dirasakan banyak manusia di luar sana
Haaaaay cobalah kau melihat dunia disekitar dengan mata hatimu

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/aia)

Editor:

Arai Amelya

Rekomendasi
Trending