6 Manfaat Musik Bagi Kesehatan, Simak di Sini!

Penulis: Adhib Mujaddid

Diterbitkan:

6 Manfaat Musik Bagi Kesehatan, Simak di Sini!
Istimewa
Kapanlagi.com - Musik jelas bukan hanya sekedar bunyi-bunyian atau aksi di atas panggung. Musik sudah menjadi bahasa universal dengan jutaan penikmat di dunia. Di sisi lain, musik juga memiliki banyak manfaat lain.


Salah satu yang paling sering diperbincangkan adalah manfaat musik bagi kesehatan. Seperti apa manfaatnya? Simak halaman berikut ini.

1. Mengurangi Rasa Sakit

Salah satu cara mengatasi rasa sakit adalah mengalihkan perhatian ke hal yang lain. Dan musik adalah salah satu 'pelarian' favorit manusia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of Utah, memutar musik dengan nada riang bakal mampu menenangkan seorang pasien kanker, korban luka bakar dan wanita yang baru saja melahirkan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mengurangi Stress

Bukan rahasia lagi, dan bahkan sudah banyak yang membuktikannya, musik adalah obat mujarab untuk mengurangi stress. Bahkan sebuah penelitian dari Universitas Tzu Chi di Taiwan telah membuktikannya.

Sebuah riset pada tahun 2011 menyimpulkan bahwa satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

Pilihlah musik berirama slow, atau apa apa saja yang membuatmu nyaman. Otomatis tekanan darah, denyut jantung dan hormon stress dapat diperbaiki. Jangan ragu untuk mencobanya!

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa musik dapat memperbaiki sistem imun tubuh. Hebatnya, ini tidak hanya terjadi pada manusia, tapi juga tikus.

Dalam sebuah studi di Jepang, musik karya Mozart ternyata dapat membantu tikus dalam menjalani transplantasi jantung.

4. Membantu Proses Penyembuhan Stroke

Di Finlandia, sebuah rehabilitasi stroke sengaja memasang musik jenis pop, klasik dan jazz untuk diperdengarkan pasien. Alasannya, musik dianggap dapat mempercepat proses penyembuhan.

5. Memperkuat Daya Ingat

Punya masalah dengan daya ingat? Coba putar musik karya komposer seperti Sebastian Bach, Antonio Vivaldi, Mozart atau George Handel. Musik dengan kecepatan beat 60beat/menit dianggap mampu memacu kinerja otak kanan dan kiri.

6. Sebagai Penghantar Tidur

Sebagian manusia memanfaatkan musik sebagai penghantar tidur. Lagu-lagu dengan irama pelan dan merdu menjadi pilihan utama. Namun tidak sedikit pula manusia yang mengaku kesulitan tidur bila sambil mendengarkan musik.

Kamu termasuk tipe yang mana?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/adb)

Editor:

Adhib Mujaddid

Rekomendasi
Trending