5 Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Konser di Singapura

Penulis: Adhib Mujaddid

Diperbarui: Diterbitkan:

5 Fakta Yang Harus Kamu Tahu Tentang Konser di Singapura
Konser Judika di Esplanade, Singapore @foto: KapanLagi.com®/Adhib Mujaddid
Kapanlagi.com - Beberapa band atau penyanyi mancanegara sering kali memilih Singapura sebagai negara yang mereka singgahi untuk digelari konser. Kadang mereka malah melewatkan Indonesia walau jarak kedua negara ini sangat berdekatan.


Sebaliknya, sangat sering pula musisi dan band Indonesia membuka gerbang internasional melalui konser di Singapura. Negeri ini memang memiliki sisi positif yang tak tertandingi dan spesial.


Beberapa kali KapanLagi.com® diundang untuk meliput konser di Negeri Singa tersebut. Dari pengalaman-pengalaman itu, kami dapat menyimpulkan hal-hal menarik yang sering terjadi pada gelaran konser di Singapura.

1. Manjakan Fans

Satu yang pasti dan selalu terjadi, konser di Singapura selalu mengutamakan kepuasan penonton. Penyelenggara sangat disiplin dalam menerapkan aturan. Tak ada kompromi di pintu masuk dari penjaga. Jangan harap bisa membawa barang yang tidak diperkenankan masuk apapun alasannya.

Walau ketat, mereka juga punya solusi, terutama tentang barang-barang terlanjur dibawa dan tidak diperkenankan masuk ke venue. Kamera misalnya, mereka menyiapkan loker khusus untuk menitipkan barang. Jadi penonton tetap bisa menikmati konser dengan tenang tanpa memikirkan keadaan barangnya yang dititipkan.

Hal semacam ini memang ada di Indonesia. Namun sayangnya tidak semuanya seperti ini. Di beberapa kesempatan, kami masih menemui konser besar tanpa menyediakan penitipan barang.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Banyak Fans Dari Indonesia

Seperti yang kami sebutkan di awal, beberapa band atau musisi kerap menggelar konser di Singapura dan melewatkan Indonesia. Nah, ini membuat beberapa fans di Tanah Air terpaksa terbang ke sana demi menyaksikan konser.

Sebelum Sigur Ros menggelar konser di Indonesia, mereka lebih dulu manggung di Singapura. Sejumlah fans dari Indonesia pun rela mendatangi idolanya walau harus menambah porsi pengeluaran, terutama untuk urusan transport.

Contoh lainnya adalah saat The Rolling Stones mengunjungi Singapura awal tahun ini. Walau tak sedominan ketika Sigur Ros manggung, namun beberapa fans dari Jakarta, Bandung, Malang dan lain-lain hadir langsung dari Indonesia.

3. Tak Pernah Molor

Entah memang selalu begini atau tidak, yang jelas lewat pengalaman yang pernah kami lewati, tak satupun konser di sana molor. Konser benar-benar dimulai tepat pada waktu yang ditentukan.

Memang ada kemungkinan konser bakal berakhir lebih lama dari jadwal semula. Bisa jadi dikarenakan kemauan sang artis yang bersangkutan. Contoh yang paling kami ingat adalah konser Judika. Saat itu Judika benar-benar nyaman berada di panggung berkat respon positif para penonton. Alhasil, durasi konser Judika pun bertambah.

4. Fakta Konser Judika - Fatin

Masih hangat dari ingatan kami adalah saat Judika menggelar konser solo di Esplanade akhir bulan lalu. Sebelum konser, Judika beberapa kali melontarkan curhatnya pada kami tentang kekhawatirannya. Ia ragu konsernya berjalan lancar. Jebolan Idol ini ternyata tak percaya diri konsernya berjalan sukses.

Benar-benar melebihi ekspektasi, musisi yang dinaungi Label Sony Music Indonesia ini ternyata sangat diminati di sana. Tak hanya WNI yang sedang berada di sana yang menyaksikan, fans asli Singapura juga hadir menikmati show. Mereka ternyata hafal benar lagu-lagu hits Judika.

Fatin yang saat itu jadi bintang pembuka konser juga mendapatkan sambutan serupa. Ia dan Judika terlihat sangat antusias meladeni fans satu per satu saat meet and greet usai konser. Antrian benar-benar panjang, melebihi yang kami prediksi sebelumnya. Hebat!

5. Dibanding Indonesia?

Satu yang benar-benar membedakan dengan konser yang digelar di Indonesia adalah penonton! Indonesia bisa jadi adalah salah satu negara dengan animo fans paling hebat. Atmosfer penonton kerap kali membuat band maupun penyanyi ingin kembali ke Indonesia.

Band selegendaris Metallica tahu benar betapa fans di Indonesia sangat mudah untuk diingat atau dirindukan. Mereka mengingat dengan jelas konser fenomenal di Lebak Bulus tahun 1993 lalu.

Tahun lalu, mereka kembali hadir di Jakarta. Puluhan fans mereka dari berbagai penjuru Indonesia hadir dan bereuni. Usai konser, Metallica pun menyebut Indonesia sebagai negara dengan koor paling nyaring saat menyanyikan lagi Enter Sandman.



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending