5 Band Yang Sempat Bubar Karena Pertengkaran

Penulis: Rizal Bagus Ramadhan

Diperbarui: Diterbitkan:

5 Band Yang Sempat Bubar Karena Pertengkaran
Ilustrasi
Kapanlagi.com - Hubungan antar personel dalam sebuah band bisa saja penuh romansa dan rasa persahabatan yang kental. Selain itu kekompakan dan saling mengerti juga menjadi syarat penting bagi sebuah band yang ingin sukses.


Namun itu semua nampaknya tidak berlaku pada band yang ada di daftar ini. Oasis, The Everly Brothers, Smashing Pumpkins adalah beberapa band yang bubar akibat pertengkaran sesama personelnya walaupun beberapa dari mereka akhirnya mengadakan reuni.


Siapa saja ya selain mereka? Yuk simak selengkapnya!

1. Guns N Roses

Gun N Roses memang harus berterima kasih pada Axl Rose, sang vokalis. Aksi panggung apik, lagu-lagu yang sukses, dan kemampuan bernyanyi yang memukau Axl menjadi berkah tersendiri bagi Guns N Roses.

Namun siapa sangka band ini juga pernah hiatus karena Axl. Sang vokalis dikenali sebagai pribadi yang egois, otoriter, dan pemarah oleh anggota band lainnya. Bahkan konon, Axl dan Slash, sang gitaris, tidak pernah akur dari kali pertama mereka bertemu.

Guns N Roses memang tidak pernah secara resmi bubar. Namun sikap Axl yang seenaknya sendiri membuat band ini sangat sering bongkar pasang personel.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Smashing Pumpkins

Hampir sama dengan Guns N Roses, Smashing Pumpkins juga bubar akibat dominasi salah satu personelnya. Band yang berdiri tahun 1994 di Chicago, Amerika ini pernah mengadakan farewell concert di sebuah klab bernama The Metro tahun 2000.

Billy Corgan, sang vokalis, disebut sebagai biang bubarnya Smashing Pumpkins pada saat itu. Keegoisan dan sikap otoriter Corgan dianggap sering memicu pertengkaran di dalam band.

Pada Juni 2005 lalu, Corgan membentuk kembali Smashing Pumpkins, namun tidak menyertakan bassist dan gitaris terdahulunya, Melissa Auf dan James Iha

3. Oasis

Walaupun bersaudara dan tergabung bersama dalam Oasis, Noel Gallagher dan adiknya, Liam Gallagher memang dikenal tidak pernah akur. Mereka berdua sering kali terlibat dalam sebuah perkelahian.

Puncaknya pada tahun 2009, Noel dan Liam pernah berkelahi di belakang panggung festival Paris Rock Seine. Bahkan konon, Liam sampai tega merusak gitar milik kakaknya.

Ini menyebabkan Noel memutuskan untuk keluar dari Oasis dan lebih memilih bersolo karir. Dia merilis album pertamanya, NOEL GALLAGHER'S HIGH FLYING BIRDS pada tahun 2011 silam.

 

 

4. The Police

The Police telah mencatatkan diri dalam sejarah sebagai salah satu band rock tersukses. Bahkan majalah Rolling Stone menempatkan mereka di peringkat ke 70 dalam daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa.

Namun, sebelum akhirnya bereuni pada 2007 silam, The Police sempat bubar pada tahun 1986. Disebut-sebut, Sting, sang bassist yang terkenal, menjadi biang kerok pecahnya The Police.

Dan lagi-lagi soal keegoisan dan dominasi sepihak yang disebut menjadi akar permasalahan dalam band. Sting dianggap terlalu dominan dari dua rekannya Andy Summers (gitar) dan Stewart Copeland (drum).

5. The Everly Brothers

Bagi Anda penyuka musik jadul, pasti kenal dengan The Everly Brothers. Pelantun tembang All I Have To Do is Dream ini sempat kehilangan arah setelah gagal dalam penjualan album-album mereka di era 70-an. Hubungan Phil Everly dan Don Everly memburuk setelahnya.

Puncaknya, pada tahun 1973 saat mereka manggung di Hollywood, Amerika. Don mabuk di atas panggung dan merubah beberapa lirik lagu secara sepihak selama pertunjukan berlangsung. Hingga akhirnya Phil memukul kepala Don dengan gitarnya.

Mereka berdua tidak saling sapa sampai dekade berikutnya, di hari ayah mereka meninggal dunia. Ada-ada saja ya?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(rls/zal)

Rekomendasi
Trending