10 Gitar Paling Mahal Sedunia

Penulis: Kidung Swara Mardika

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Gitar Paling Mahal Sedunia
Ilustrasi @img.photobucket.com
Kapanlagi.com - Bagaimana harga gitar bisa menjadi sangat mahal sekali? Jawabannya sederhana, siapa yang pernah memakai gitar tersebut. Ya, ketenaran dan kesuksesan seorang rockstar juga turut mempengaruhi gear yang dipakainya.


Terlebih jika sang rocker telah lama tiada, gitar yang dipakainya tentu menjadi memorabilia nyata yang akan selalu mengingatkan tentang sang rockstar itu sendiri. Hal tersebut yang kian menambah harga jual gitar tersebut.


Dalam daftar ini dipaparkan 10 gitar termahal yang ada di dunia. Apa saja gitar tersebut? Dan siapa saja yang pernah memakainya? Yuk, kita intip bersama-sama!


 


Simak juga:


8 Musisi Indonesia Yang Pernah Dipenjara
5 Orang Ini Mirip Dengan Kurt Cobain
5 Momen Terbaik Pop-Punk
8 Insiden Band Dengan Fans
10 Frontman Paling Kaya
 

1. Fender Stratospheric Asia

Sebenarnya gitar ini bukan bekas dari siapapun. Gitar ini khusus dilelang untuk membantu korban tsunami. Gitar berwarna putih ini laku seharga $ 3,7 Juta atau sekitar Rp 33,3 Miliar.

Lantas apa yang membuat gitar ini menjadi istimewa? Adalah tanda tangan dari legenda-legenda hidup musik dunia yang terpajang monumental di body gitar.

Mulai dari; Mick Jagger, Keith Richards, Eric Clapton, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beckley, Pete Townshend, Mark Knopfler, Ray Davis, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tonnny Iommi, Angus & Malcolm Young, Paul McCartney, Sting, Ritchie Blackmore dan Def Leppard.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Jimi Hendrix 1968 Stratocaster

Jimmy Hendrix pernah menggunakan  gitar ini di festival legendaris Woodstock tahun 1969. Dijual ke balai lelang Sotheby's dengan harga awal $ 198 ribu. Dikabarkan Paul Allen, orang kepercayaan Bill Gates di Microsoft, membayari gitar ini dengan harga yang fantastis. Gitar ini akhirnya terjual di harga $ 2 juta atau sekitar RP 18 Miliar pada tahun 1998.

3. Fender Telecaster Custom Hawk

Gitar ini khusus dipesan oleh Rasta Father, Bob Marley. Dibuat khusus oleh Washburn 22, dengan serinya bernama Hawk. Gitar ini dibeli Bob dengan perkiraan harga US$ 1,2 - 2 juta atau setara dengan Rp 10 - 18 Miliar.

4. Fender Stratocaster Hybrid - Blackie Series

Fender memang terkenal dengan hasil karyanya yang jempolan. Bersaing ketat dengan Gibson, barang-barang Fender memang kualitas nomor satu. Soal harga juga jangan ditanya, luar biasa mahal. Untuk seri khusus, Blackie ini dijual dengan harga Rp 9 Miliar.

Untuk Fender asli produksi Indonesia saja, harga masih berkisar kurang lebih Rp 10 juta. Tapi buat kalian yang ingin beli Fender dengan budget minim jangan dulu berkecil hati.

Fender punya sub-produk yang mereka beri nama Squire. Dari segi sound kurang lebih memang berkarakter Fender. Dari segi kualitas juga tak terlalu jauhlah dengan Fender. Kisaran harga Squire ini masih berada di bawah Rp 5 juta.

5. 1964 Gibson ES0335 TDC

Gitar Gibson Hollowbody ini dimiliki oleh Eric Clapton. Gibson membuatkan edisi spesial khusus untuk Eric Clapton. Edisi khusus tentu juga memiliki harga yang khusus pula. Gitar ini dibayar Eric dengan harga $ 847,5 juta atau sekitar Rp 7,8 Miliar.

6. C.F Martin & Co, Circa 1939

Gitar ini juga salah satu milik dari Eric Clapton. Sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa dari gitar ini sebelum akhirnya terjual seharga US$ 791,5 juta. Hasil penjualan tersebut disumbangkan Eric untuk sebuah yayasan kanker.

7. Fender Composite Stratocaster

Kalau yang satu ini adalah gitar milik musisi blues kenamaan, Stevie Ray Vaughan. Gitar ini adalah hadiah dari sang istri, Lenny, saat Stevie berulang tahun. Harga gitar ini mencapai US$ 623,5 juta.

8. 1964 Gibson SG

Harga dari seri gitar paling populer keluaran Gibson ini berharga US$ 570 juta. Yang membuat gitar ini menjadi mahal karena pernah digunakan oleh George Harrison dan John Lennon antara tahun 1966 - 1969.

9. Fender Gold Leaf Stratocaster

Lagi-lagi ini gitar pesanan khusus dari Eric Clapton. Gitar ini dibeli Clapton dengan harga US$ 455.550. Rencananya gitar ini bakal digantung khusus di museum pribadi Eric Clapton.

10. 1949 Fender Broadcaster Prototype

Meski gitar ini akhirnya hanya berakhir sebagai prototype, namun harga gitar ini mencapai US$ 375 juta. Gitar ini merupakan racikan asli dari Leo Fender, produsen gitar paling tersohor saat itu yang juga pemilik perusahaan Fender.

Simak juga:

8 Musisi Indonesia Yang Pernah Dipenjara
5 Orang Ini Mirip Dengan Kurt Cobain
5 Momen Terbaik Pop-Punk
8 Insiden Band Dengan Fans
10 Frontman Paling Kaya

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/kid)

Rekomendasi
Trending